Senin, 03 September 2018

Lintas Tawa dan Stand Up Comedy


Stand Up Comedy atau SUCI atau Stand Up Comedy Indonesia sekarang memang sudah luas dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dahulu sangat jarang sekali masyarakat yang tau akan kesenian jenis baru di Indonesia ini. Tapi lambat laun, Stand Up Comedy mulai diterima sebagai alternafit jenis hiburan baru bagi masyarakat Indonesia. Pada masa itu, hanya 2 stasiun televisi yang menayangkan tayangan Stand Up Comedy, yaitu Metro TV dan Kompas TV.

Peminat dan pelaku Stand Up Comedy di Indonesia tumbuh subur melalui jaringan komunitas-komunitas regional, seperti : Stand Up Indo Jakbar yang berlokasi di Jakarta Barat, Stand Up Indo Bandung yang bermarkas di Bandung, dan tak ketinggalan juga Stand Up Indo Surabaya yang mulai memiliki masa dan pelaku tetap di Surabaya. Stand Up Indo Surabaya atau Stand Up Comedy Surabaya mulai dikenal di sekitar tahun 2011 hingga saat ini. Bermula dari Open Mic di Matchbox Too di Jalan Jawa, komunitas regional Surabaya ini mulai mendapatkan penikmatnya. Dahulu penonton hanya belasan, kini bahkan ratusan massa selalu setia menikmati pertunjukkan Stand Up Comedy yang diadakan oleh komunitas Stand Up Comedy Surabaya atau Stand Up Indo Surabaya. Komika alias Stand Up Comedian Surabaya yang terlahir dari komunitas ini pun semakin banyak dan semakin di kenal publik, sebut saja Topen, Akbar Kobar, Tretan Muslim hingga Dodit Mulyanto, sudah pasti Anda semua mengenalnya bukan?

Ketenaran komunitas Stand Up Comedy Surabaya atau yang lebih dikenal dengan Stand Up Indo Surabaya ini tidak lantas juga berlaku untuk semua anggota dari komunitas ini. Banyak sekali Stand Uo Comediana tau komika Surabaya berbakat yang belum  mendapatkan exposure atau spotlight yang cukup. Hal ini dikarenakan karena mereka mungkin belum masuk TV (Kompeitis Stand Up Comedy di TV) atau belum mendapatkan branding yang tepat untuk karakter mereka dalam ber Stand Up Comedy.

Keberadaan komika yang belum mendapatkan promosi atau branding yang tepat inilah yang menjadikan pemikiran founder Lintas Tawa, Pepeng dan Alif Rizal, untuk membentuk sebuah wadah yang bisa menaungi Komedian (Stand Up Comedy, Lawak, Ludruk) Jawa Timur,khususnya Surabaya, yang belum mendapatkan branding dan promosi yang tepat agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Lintas Tawa dibentuk karena keprihatinan akan keberadaan komedian ataupun komika yang telah memiliki karya yang mumpuni, berpengalaman di berbagai panggung (gigs atau corporate), namun belum mendapatkan sorotan yang cukup karena mereka mungkin belum masuk televisi atau bukanlah sosok yang dikenal luas dan memiliki banyak penggemar

Lintas Tawa bertujuan untuk mengembangkan talenta-talenta komedian Jawa Timur, baik itu Stand Up Comedy, ludruk atau lawak agar bisa tetap eksis di era teknologi ini dan bisa dikenal dengan baik oleh masyarakat luas. Lintas Tawa juga berfungsi sebagai portal atau jembatan yang menghubungkan antara komedian (stand up comedy,ludruk atau lawak) dengan para pencari bakat atau para pencari talenta yang membutuhkan jasa mereka. Diharapakan dengan keberadaan Lintas Tawa ini, siapapun dapat menemukan informasi tentang komedian (Stand Up Comedy, ludruk atau lawak) dengan detail dan lengkap sehingga memudahkan para pencari talenta untuk mendapatkan informasi dan melakukan kerja sama dengan komedian yang mereka butuhkan.

Karena Lintas Tawa, Menembus Batas Dalam Tawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar