Jumat, 14 September 2018

Stand Up Comedy Surabaya dan Lintas Tawa Menurut Putra Bu Risma


Komedi, seperti ludruk atau lawak, sudah mendarah daging bagi sebagian besar masyarakat di Jawa Timur, terutama di Surabaya. Surabaya sebagai kota metropolis di Jawa Timur sering kali menghasilkan komedian-komedian yang melegenda, seperti : Kartolo, Eko DJ, Srimulat dan lain-lain. Setiap komedian tadi telah menggoreskan tinta karyanya di Surabaya, hingga menasional dan dikenal seluruh masyarakat Indonesia.

Berkembang ke era saat ini, di Surabaya juga berkembang kesenian Stand Up Comedy. Bermula dari komunitas regional Stand Up Indo Surabaya atau Stand Up Comedy Surabaya yang hanya beranggotakan 5-8 orang saja, kini Stand Up Comedian Surabaya atau komika Surabaya telah berkembang menjadi puluhan komika yang handal dan sangat berpengalaman. Komika Surabaya ini, beberapa sudah dikenal masyarakat luas di Indonesia, seperti: Dodit Mulyanto, Tretan Muslim, Akbar dan masih banyak lagi yang lain. Komika Surabaya yang lain pun tak terhitung jumlahnya dan tentunya memiliki potensi terbaik di dunia komedi Jawa Timur.

Banyak komika Surabaya lain yang memiliki potensi dikenal luas, tetapi tidak mendapatkan penanganan dan branding yang tepat, sehingga lambat laun komika  ini makin memudar eksistensinya lalu menghilang begitu saja. Lintas Tawa pun muncul di tengah polemik ini. Dengan misi untuk melakukan branding dan pengenalan dari komika Surabaya dan komika Jawa Timur agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Lintas Tawa pun tak henti mempromosikan Stand Up Comedy maupun komedi jenis lain agar masyarakat Jawa Timur dan Surabaya lebih bisa memahami dan mencintai seniman-seniman dari daerah mereka sendiri.

Pergerakan Lintas Tawa ini pun mendapatkan tanggapan positif dari Fuad Bernadi, yang tidak lain adalah Putra Wali Kota Surabaya Bu  Tri Rismaharini (Bu Risma) dan juga pemilik Bober Cafe dan Ruang Komunitas Surabaya. Fuad sangat mengapresiasi keberadaan Lintas Tawa yang mampu merangkul komedian di Jawa Timur, khususnya Surabaya, untuk mampu tetap eksis dan tetap memberikan hiburan terbaik bagi warga Kota Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar